Kurikulum SDIT Insan Cendekia dikembangkan sebagai susunan pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang disusun dengan mempertimbangakn beberapa aspek. Berikut adalah ulasan susunan dari kurikulum yang dikembangkan oleh SDIT Insan Cendekia yang perlu Anda simak.

Kurikulum Berdasarkan Kementrian Agama

SDIT Insan Cendekia adalah sekolah dasar islam terpadu dengan salah satu tujuannya adalah menciptakan peserta didik yang memahami ilmu agama. Hal ini yang mendasari kurikulum dari SDIT Insan Cendekia disusun atas dasar Kementerian Agama.

Pembelajaran di SDIT Insan Cendekia diiringi dengan pengetahuan beragama agar peserta didik terbiasa menerapkannya, baik di luar dan dalam kelas. Pendidikan agama yang diajarkan ini dimulai dari hal mendasar, yaitu mendorong siswa untuk bertaqwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia.

Kurikulum Berdasarkan Kementrian Pendidikan Nasional

Penyusunan kurikulum SDIT Insan Cendekia selanjutnya didasarkan pada Kementerian Pendidikan Nasional berdasarkan peraturan untuk sekolah dasar. Susunan kurikulum berdasarkan Kementrian Pendidikan Nasional ini bertujuan agar peserta didik mempunyai bekal ilmu pengetahuan mumpuni.

Kurikulum berdasarkan Kementrian Pendidikan Nasional ini dikembangkan dalam bentuk ilmu pengetahuan, seni, dan olahraga. Tenaga pendidik memberikan berbagai bentuk pengetahuan tersebut dalam bentuk pembelajaran di kelas.

Penyusunan Berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan

Dasar kurikulum SDIT Insan Cendekia selanjutnya adalah disusun dengan menerapkan standar kompetensi lulusan. Pada penyusunannya, kurikulum didasarkan pada standar lulusan yang diinginkan oleh sekolah dasar dan sesuai peraturan pendidikan.

Standar kompetensi lulusan ini perlu diterapkan karena berkaitan dengan output yang akan dihasilkan oleh peserta didik. Kurikulum SDIT Insan Cendekia disusun untuk mendorong tercapainya standar kompetensi lulusan, sehingga siswa bisa bersaing pada jenjang pendidikan yang selanjutnya.

Penyusuan Berdasarkan Standar Komptetensi Pembelajaran

Dasar penyusunan kurikulum SDIT Insan Cendekia yang terakhir adalah berdasarkan pada standar kompetensi pembelajaran. Standar kompetensi ini ditetapkan pada setiap mata pelajaran dan dibedah lagi per materinya, sehingga setiap pertemuan di kelas mempunyai arah yang jelas.

Penentuan standar kompetensi pembelajaran ini dilakukan berjenjang mulai dari kelas I hingga VI. Penetapan standar kompetensi pembelajaran tersebut bertujuan untuk menciptakan peningkatan pengetahuan pada diri siswa sesuai dengan tingkatan kelasnya.