SDIT Insan Cendekia mempunyai kegiatan ekstrakulikuler yang bisa dipilih oleh siswa untuk meningkatkan keaktifan dan kreativitasnya. Berikut adalah ulasan mengenai pilihan kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti di SDIT Insan Cendekia.

Pesantren Ramadhan

Kegiatan ekstrakurikuler pertama yang ada di SDIT Insan Cendekia adalah pesantren ramadhan. Ekstrakulikuler yang satu ini khusus dilaksanakan di bulan ramadhan untuk meningkatkan ilmu keagamaan bagi para peserta didik.

Ada beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilakukan dalam ekstrakurikuler pesantren ramadhan ini. Rangkaian kegiatan dari sanlat SDIT Insan Cendekia disusun secara menyenangkan yang terdiri dari evaluasi tajwid, tadarus dan tahfidz, doa ma’thurat, kultum, cerdas cermat, dan baksos.

Pramuka

Ekstrakulikuler berikutnya yang bisa diikuti oleh siswa SDIT Insan Cendekia di luar kegiatan pembelajaran di kelas adalah pramuka. Kegiatan ekstrakurikuler ini diisi dengan kegiatan yang menyenangkan di luar ruangan dan materi menarik di dalam ruangan.

Pada kegiatan pramuka ini siswa akan diajarkan caranya untuk bekerjasama dan bertahan di lingkungan sesuai dengan usianya. Ekstrakurikuler pramuka juga akan mengajarkan siswa mengenai pentingnya sikap disiplin dan mencintai lingkungan sekitarnya.

Rihlah

Kegiatan ekstrakurikuler selanjutnya yang ada di SDIT Insan Cendekia adalah rihlah. Ekstrakulikuler ini berupa jalan-jalan di area sekitar sekolah, sehingga siswa semakin mengenal lingkungan sekitarnya. Kegiatan rihlah ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta anak terhadap lingkungan.

Rihlah juga merupakan salah satu kegiatan ekstrakulikuler yang berdasarkan aktivitas fisik, sehingga bisa membantu menjaga kesehatan siswa. Di samping itu, rihlah ini juga merupakan ekstrakurikuler yang menyenangkan karena siswa bisa menikmati jalan-jalan bersama teman-temannya.

Senam Kebugaran Jasmani

Satu lagi kegiatan ekstrakurikuler bagi siswa SDIT Insan Cendekia, yaitu senam kebugaran jasmani. Kegiatan ini bertujuan agar siswa mempunyai pengetahuan tentang ilmu olahraga dan melaksanakannya dalam bentuk senam secara rutin di sekolah.

Senam kebugaran jasmani ini berguna untuk membantu tubuh anak agar tetap bergerak aktif, sehingga bisa mengikuti kegiatan belajar di kelas dengan semangat. Di samping itu, ekstrakulikuler ini juga menambah wawasan siswa mengenai pentingnya olahraga bagi kebugaran tubuh.